MEMBUAT MUG DI BLENDER

Hai sahabat blogger, kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial membuat sebuah mug dengan menggunakan aplikasi Blender 3D. Udah lihat postingan saya sebelumnya kan mengenai pengenalan aplikasi Blender 3D ?? 😀 kalau belum bisa lihat disini . Nah langsung saja kita mulai tutorialnya. Simak ya 😀

Pada tutorial membuat mug ini, saya menggunakan Blender versi 2.61. Sebenarnya versi Blender sudah sampai versi 2.64 , namun tidak ada perubahan yang terlalu signifikan, jadi sama saja. Secara default akan ada cube pada workspace di blender, kita hapus dulu cube tersebut dengan menekan x kemudian enter. Karena kita ingin membuat mug , kita tambahkan objek silinder, caranya tekan shift+A –> cylinder





Setelah sudah ada silindernya, kita ubah vertices, yang dilingkari tanda merah, defaultnya 32 kita ubah menjadi 17.blender3



Setelah itu kita masuk ke edit mode, dengan menekan tab maka silinder tersebut akan berubah warnanya menjadi orange.






Setelah itu tekan A untuk mendeselect objek, karena mug bagian atasnya berlubang, maka klik kanan pada titik dipermukaan atas silinder tersebut, kemudian tekan x –> vertices maka sekarang silinder tersebut bagian atasnya berlubang.







Kemudian kita akan mempertebal bagian pinggir dari silinder tersebut, caranya kita klik modifier pilih solidify, setelah itu atur ketebalannya pada gambar yang dilingkari merah, kita beri nilai 0,2. Maka silinder tersebut akan menjadi lebih tebal dari sebelumnya.








Setelah atur ketebalannya , tekan tab lagi untuk kembali ke object mode, lalu tekan apply pada modifier, setelah itu silinder akan berubah menjadi lebih tebal seperti gambar diatas. Kemudian kita masuk kembali ke edit mode dengan menekan tab lalu ubah sudut pandang kita menjadi front-ortho dengan menekan angka 1 lalu 5 di numpad. Setelah sudut pandang berubah kita akan membuat segment pada silinder tersebut, yang gunanya untuk membuat handle / gagang pada mug. Kita tekan ctrl+R kemudian gunakan scroll pada mouse dan scroll hingga garis berwarna ungu tersebut ada 5 garis pada silinder. Lihat gambar dibawah :




Setelah sudah kita buat segment pada silinder tersebut, kita pilih face select mode (bagian yang dilingkar merah) agar silinder tersebut terlihat titik – titik pada bagian sisinya (lihat gambar dibawah ini) :



Langkah selanjutnya adalah kita akan membuat handle pada mug tersebut, caranya shift + klik kanan pada titik yang ada pada silinder tersebut (lihat gambar dibawah) :




Kemudian setelah itu kita ubah sudut pandang kita menjadi samping dari objek, dengan menekan angka 3 pada numpad. Setelah itu untuk membuat titik tersebut keluar , kita akan menggunakan teknik extrude. Untuk mengextrude kita tekan E lalu geser mouse sesuai dengan keinginan kita seberapa panjang handle yang diinginkan (lihat gambar dibawah) :




Setelah itu kita akan membuat ujung dari handle tersebut agak miring, agar bisa kita sambung, caranya kita select dengan mengklik kanan pada face ujung handle, kemudian kita tekan R –> X –> 45 maksudnya, kita akan merotasi face yang kita select tersebut searah sumbu X dengan sudutnya 45 derajat. Itu untuk ujung handle yang atas, sedangkan untuk ujung handle yang bawah R –> X –> -45 (lihat gambar dibawah) :






Setelah itu kita akan menghapus face yang diselect tersebut untuk menggabungkan kedua handle tersebut, kita select face yang akan didelete dengan klik kanan –> X –> faces lihat gambar dibawah :



Setelah ujung – ujung handle tersebut berlubang kita akan menyambungkan kedua ujung tersebut, pertama kita klik edge select mode  (bagian yang dilingkari merah) , lalu kita shift + klik kanan garis paling kiri dari kedua ujung tersebut lalu tekan F maka akan  muncul face baru berwarna orange. (lihat gambar) lakukan pada garis – garis yang lain hingga akhirnya semua garis tersebut terhubung oleh face yang baru.



Nah, sudah terlihat bentuk mugnya kan ?? Tapi mug tersebut masih terlihat kaku pada bagian handlenya, maka kita akan memperhalus bentuknya, kita pindah ke object mode dengan menekan tab setelah itu kita klik smooth yang ada di sebelah kiri layar kita (yang dilingkar merah)



blender22Maka setelah kita smooth hasilnya akan seperti pada gambar diatas, namun handlenya masih kurang terlihat natural (kaku) maka kita klik modifier pilih subdivision surface lalu ubah view = 3 dan render = 3 (dilingkar merah) :





Nah hasilnya akan seperti gambar diatas. Sekarang kita tinggal merapihkan handle mug tersebut, kita masuk ke edit mode lagi dengan menekan tab lalu arah mouse pada handle mug tersebut lalu ctrl +R kemudian klik kiri dan geser ke bagian tubuh mug, ini fungsinya untuk merapikan, lakukan hal yang sama pada handle mug yang dibawah.




Nah gambar diatas merupakan hasil setelah kita merapihkan bagian handlenya, sekarang kita rapihkan bagian dari badan mugnya dengan cara yang sama seperti diatas.




Untuk bagian ini kita tarik ke atas agar batas – batas mug tersebut terlihat dengan jelas. Lalu bagian bawah kita tarik kebawah



Kemudian kita akan merapihkan bagian dalam dari mug, jika kita lihat dari atas, maka garis – garis pada mug tidak akan terlihat, oleh karena itu untuk menampilkan garisnya kita klik di bagian kanan layar kita yang gambarnya seperti segitiga terbalik ( lihat yang dilingkari merah) lalu setelah muncul garisnya kita tekan ctrl+R sama seperti pada saat kita merapihkan handle mug tersebut, kita tarik kebawah. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :





Setelah semua sudah rapih, sekarang kita akan memberikan warna pada mug tersebut, caranya kita pilih material –> diffuse –> tentukan warna yang diinginkan (lihat yang dilingkari merah)




Setelah menentukan warna yang diinginkan sekarang kita akan memberikan warna background agar pada saat rendering ada warna backgroundnya. Caranya kita pilih world, kemudian ceklist ketiga pilihan yang sudah saya lingkari merah kemudian tentukan warna sesuai keinginan.

Dan inilah hasil dari rendering objek mug yang kita buat :




Sekian tutorial tentang membuat mug dengan menggunakan Blender 2.61 . Semoga bisa menambah pengetahuan teman – teman blogger. See yaaa 😀

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
hii guys its me FANI ANDIL lahir pada tanggal 19 September 2005 mudah berteman but tidak friendly terimakasih

CARA MEMBUAT TEKS 3D DI BLENDER

 Pertama buka aplikasi blender  Hapus objek cube lalu tambah kan teks dengan mengklik add > text Ubah menjadi edit mode untuk mengedit tu...

Pengikut

Cari Blog Ini

Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.